28 Oktober 2019 22:07:31
Ditulis oleh Admin

Musdes Penyusunan RPJMDes TAHUN 2020 – 2025

www.sambonggede-merakurak.desa.id Senin, (28/10), Musyawarah Desa RPJMDes Desa Sambonggede telah dilaksanakan dengan lancar dan mufakat sesuai dengan keputusan forum yang dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Balai Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

MusDes tersebut dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya Camat / yang mewakili Kecamatan Merakurak, Pendamping Desa, Kepala Desa Sambonggede, Pamong Desa, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPMD, RT RW dan Tokoh Masyarakat masing-masing dusun. Bertindak sebagai Pimpinan Musyawarah yaitu ibu Hindrayani, selaku Ketua BPD Sambonggede dan bapak Moch Zaenuri, SH selaku Kaur Perencanaan yang sekaligus sebagai salah satu Tim Panitia 7 yang menyelenggarakan acara MusDes RPJMDes tersebut.

Bagi kepala desa yang baru saja memenangi pertarungan, terpilih menjadi kepala desa berarti harus menuju tantangan baru. Pertama, sebelum menginjak 3 bulan terpilih, Kepala Desa harus sudah rampung menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa alias RPJMDes. Hal ini termaktub dalam Pasal 79 UU No. 6 tentang Desa Tahun 2014.

RPJMDes adalah rencana pembangunan jangka 6 tahun, sesuai rentang kekuasaan seorang kepala desa untuk sekali masa kekuasaan. Apa saja yang akan dicapai adalah bagaimana mencapai adalah beberapa hal yang harus terjelaskan dalam RPJMDes. Jangan salah, selain RPJMDes, pemerintahan desa juga harus menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa yang berlaku untuk satu tahun. RKP ini tentu saja haruslah sesuai yang ada dalam RPJMDes. RKP Desa disusun mulai bulan Juli dan ditetapkan maksimal September tahun berjalan.

RPJMDes memuat visi misi kepala desa dan apa yang akan dikerjakannya selama memimpin desanya. Dalam RPJMDes terdapat arah kebijakan pembangunan desa, rencana kegiatan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan apa saja kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bakal dilakukan pemerintah desa. Bagaimana tahapan menyusun RPJMDes?

Setidaknya ada tujuh langkah yang harus dipenuhi dalam menyusun RPJMDes yakni:

  1. Harus ditetapkan dalam Surat Keputusan Desa terdiri dari Pembina antara lain: kepala desa, sekretaris desa, Ketua LPMD, anggotanya LPMD, KPMD, dan masyaraka perwakilan kelompok masyarakat yang lain. Jumlah tim ini bakal sekitar 7 – 11 orang dengan harus menyertakan perempuan di dalamnya.
  2. Melakukan penyelarasan dengan arah kebijakan Kabvupaten/kota. Sebelum menyusun isi RPJMDes, seluruh tim harus lebih dahulu memahami arah kebijakan pemerintah kabupaten sehingga tidak terjadi tumpang-tindih dan ketidaksesuaian.
  3. Kajian Kondisi Desa antara lain harus melakukan penyelarasan data desa, penggalian aspirasi melalui musyawarah di tingkat dusun dan menyusun pelaporan atas proses pembacaan kondisi ini.
  4. Penyusunan Rencana Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa. Musdes digelar BPD dengan materi pembahasan antara lain:
  5. Laporan hasil kajian kondisi desa
  6. Prioritas rencana kegiatan desa dalam jangka waktu 6 tahun
  7. Sumber pembiayaan rencana kegiatan pembangunan desa
  8. Rencana pelaksana kegiatan desa yang akan dilaksanakan oleh perangkat desa, unsur masyarakatdesa, kerjasama antar desa dan atau kerjasama dengan poihak ketiga
  9. Penyusunan RPJMDesa
  10. Penyusunan rencana pembangunan desa melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa
  11. Penyempurnaan dan penetapan rancangan RPJMDes.

 Musyawarah Desa RPJMDes berjalan lancar dan musyawarah tersebut ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Musyawarah Desa Penyusunan RPJMDes oleh Kepala Desa Sambonggede, Ketua BPD Sambonggede dan beberapa tokoh perwakilan masyarakat diantaranya perwakilan dari LPMD, PKK, Karang Taruna, BUMDES serta tokoh masyarakat. (stw)

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus