11 Oktober 2019 23:27:07
Ditulis oleh Admin

Musdus, Tahap Awal Perencanaan Pembangunan Desa

www.sambonggede-merakurak.desa.id Pada tanggal 08/10, 9/10, 11/10 di 3 dusun yaitu dusun Domas, dusun Banggel, dan dusun Krajan menggelar Musayawarah Dusun (Musdus) untuk menyerap pendapat dan keinginan warga terkait kegiatan yang akan dibiayai oleh APBDes 6 tahun ke depan sesuai visi misi kepala desa.

Musdus ini merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan Desa, dimana hasil musyawarah dusun ini menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan pembangunan desa disetiap tahunnya.

Tujuan daripada Musdus yaitu mengidentifikasi potensi dan permasalahan di lingkungan dusun, yang mencakup bidang sosial-budaya, ekonomi produktif warga, dan sarana prasarana fisik lingkungan, berikut alternatif solusi atau pemecahan masalahnya. Jadi aspirasi warga dusun bisa di serap dan diajukan kepada BPD dan Pemerintah Desa kemudian menetapkan usulan kegiatan prioritas pembangunan yang akan menjadi bahan masukan dalam pelaksanaan Forum Musrenbang Desa.


Musyawarah dusun ini dimulai pukul 20.00, bertempat dirumah kadus masing-masing, cukup banyak usulan yang disampaikan oleh warga dalam rapat ini sehingga rapat berakhir pukul 22.00.

Hadir pada kesempatan ini Wahyu N, Abdul Aziz, Munahir, Moch Zaenuri, (anggota tim tujuh) yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Sambonggede yang tufoksinya mengawal berjalannya proses Musdus disemua Dusun di Desa Sambonggede

Sejatinya Musdus diadakan dan dipandu bersama dengan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) atau Pendamping Lokal Desa (PLD). (stw)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus