31 Oktober 2019 14:25:41
Ditulis oleh Admin

Desa Sambonggede, meraih penghargaan Desa Anti Politik Uang dari Bawaslu

www.sambonggede-merakurak.desa.id Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban mentetapkan Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, menjadi percontohan desa anti politik uang (APU), Kamis (31/10/2019).


Ketua Bawaslu Tuban Sunarso mengatakan Sambonggede ditetapkan menjadi desa APU bukan tanpa alasan. Di antaranya sebagai tindaklanjut dari harapan warga Sambonggede yang menginginkan agar dalam penyelenggaraan pemilu nanti, dapat dilibatkan dalam pengawasan. Terutama yang menyangkut dengan pelanggaran, di antaranya politik uang.

“Untuk kami menilai masyarakat Sambonggede bisa diajak kerja sama dalam upaya meminimalisir politik uang,” kata Sunarso di sela-sela pencanangan Sambonggede sebagai Desa APU di balai desa setempat, Kamis (31/10/2019).

Sunarso menjelaskan, adanya desa APU ini sangat penting. Sebab politik uang bisa terjadi dimana dan kapan saja dan masyarakat desa merupakan kelompok yang paling rentan dan mudah dipengaruhi dengan politik uang. Dengan adanya desa APU ini diharapkan kesadaran masyarakat benar-benar terpatri menolak dan melawan politik uang.

“Untuk itu, kami berharap nantinya desa lain di Tuban mengikuti jejak Desa Sambonggede ini. Terutama terpupuk kesadaran bersama untuk menolak politik uang,” tandasnya.

Menurut Sunarso politik uang selama ini menjadi momok dan virus demokrasi, bahkan kejahatan luar biasa atau extraordinary crime yang akan mengganggu proses demokrasi Indonesia. Karena itu adanya desa APU ini menjadi langkah strategis dalam memerangi politik uang. Sebab masyarakat desa dinilai cukup rentan dalam persoalan politik uang. (stw)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus