09 November 2019 13:01:56
Ditulis oleh Admin

Membangkitkan Gairah Berdesa

Dengan adanya undang-undang desa nomer 6 tahun 2014 yang memberikan otonomi seluas-luasnya kepada desa, maka seolah ini menjadikan cambuk bagi kebangkitan desa-desa di seluruh Indonesia. Desa dengan segala upayanya berusaha untuk berlomba-lomba memperbaiki keadaannya.


Jumlah desa di Indonesia mencapai 75.436 yang mempunyai kearifan, adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Semuanya terpicu untuk memperbaiki keadaannya, baik dari segi infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakatnya, yang semata-mata untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa yang sampai saat ini masih mendominasi dalam aspek kemiskinan di Indonesia, dibandingkan dengan masyarakat perkotaan.


Tingkat keberhasilan bagi desa dapat diukur lewat parameter IDM ( indeks Desa Membangun) yang secara periodik terkontrol oleh para pendamping desa. Dalam IDM dapat kita lihat klasifikasi desa berdasar kondisi sosialnya, yaitu desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju dan desa mandiri. Dari pantauan lewat IDM tersebut, maka hal ini akan memacu bagi desa untuk selalu meningkatkan greatnya dalam indeks tersebut. (ymt)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus