Sejarah Desa

www.sambonggede-merakurak.desa.id - Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Sambonggede. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun menurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit dibuktikan kebenarannya secara fakta. Dan tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Dalam hal ini Desa Sambonggede juga memiliki hal tersebut yang merupakan identitas dan desa ini.

Dari berbagai sumber yang telah ditelusuri dan digali, asal-usul Desa Sambonggede memiliki banyak versi cerita  yang cukup bervariatif. Hal tersebut disebabkan oleh adanya tempat keramat yang kemudian dipercaya dan dipakai pedoman bahwa tempat keramat tersebut sebagai tokoh atau orang pertama yang membuat desa tersebut. Dari dasar tersebut diatas akhirnya kami membagi legenda Desa Sambonggede menjadi 2 legenda yang diangkat dan tokoh pelarian prajurit Mojopahit yang pemakamannya berada di dusun Krajan serta dusun Domas yang diambil dari sebuah legenda nama sebuah alat yang dikeramatkan.

Legenda Sambonggede

Legenda Ki Mloyo Kusumo dan Ki Mloyo Rogo diceritakan adalah sesosok prajurit Mojopahit sebagai pengikut Raden Ronggolawe saat mengadakan pemberontakan ke Mojopahit dikarenakan adanya salah paham/ketidak setujuannya disaat pengangkatan patih Lembu Suro, karena yang semestinya yang pantas dijadikan patih saat itu bukanlah Lembu Suro. 

Disaat mengadakan pemberontakan pasukan Ronggolawe terdesak dan mundur oleh pasukan yang dipimpin oleh Kebo Anabrang sehingga banyak prajurit Ronggolawe korat karit yang lari tunggang langgang dan pengejaran prajurit Lembu Suro dan diantara prajurit yang lain tersebut adalah Ki Mloyo Kusumo dan Ki Mloyo Rogo. Selanjutnya Ki Mloyo Kusumo dan Ki Mloyo Rogo menjadi cikal bakal dan bermukim disebuah desa dan dimakamkan ditlatah Embong Gede yang kemudian hari lebih dikenal dengan sebutan Sambonggede. 

Legenda Dusun Domas

Konon ceritanya, Domas berasal dari kata Bendo Emas yang konon ceritanya benda tersebut pernah diketemukan oleh pendiri dari dusun tersebut. Bendo emas tersebut disamping sebagai senjata yang dikeramatkan, juga dipercayai sebagai piandel dari tokoh yang ada dimasa itu.

Sejarah Pemerintahan Desa

Pada zaman penjelajahan Belanda sejak terbentuknya Desa Sambonggede telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa) tetapi dalam sejarah pemerintahan desa Sambonggede tidak tercatat atau ditemukan dalam administrasi pemerintahan desa, sehingga tidak bisa diketahui secara pasti, hal ini dikarenakan tidak adanya kepedulian atau kesadaran masyarakat akan pentingnya sejarah pemerintahan desa.

Sesuai sumber yang kami dapatkan maka sejarah pemerintahan Desa Sambonggede dapat kami jabarkan sebagai berikut :

  1. Tahun ____ , dipimpin oleh Akrak Ngawonggo
  2. Tahun ____ , dipimpin oleh Bastam
  3. Tahun ____ , dipimpin oleh Rusdi
  4. Tahun ____ , dipimpin oleh Mangsar
  5. Tahun ____ , dipimpin oleh Rusdi
  6. Tahun 1980 -1999 , dipimpin oleh Suyitno
  7. Tahun 1999-2013 , dipimpin oleh Sutomo, SH
  8. Tahun 2013 -Sekarang , dipimpin oleh Yemy Tristantono, S.Pd

 

Editor : Sulistiwi

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)