Lestarikan Budaya Adat Manganan Di Desa Sambonggede

  • Nov 27, 2023
  • Sambonggede

www.sambonggede-merakurak.desa.id Sedekah Bumi merupakan agenda rutin tahunan yang entah dimulai tahun kapan yang masih dilestarikan (dijalankan) sampai sekarang. Di pulau jawa ini hampir sebagian besar desa yang ada mengenal / menjalankan sedekah bumi. Karena sedekah bumi itu sendiri sebenarnya merupakan momentum besar dimana masyarakat desa secara serentak berkumpul untuk melaksanakan tasyakuran masal karena telah menerima hasil dari bumi lebih tepatnya hasil panennya.
 

Di Desa Sambonggede kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban Jawa Timur, acara sedekah bumi diawali dengan acara yang disebut manganan. Manganan adalah acara dimana warga desa baik pejabat, masyarakat kaya, miskin, berkumpul jadi satu di sebuah tempat untuk makan secara bersama sama. Nilai yang terkandung disana adalah membina kerukunan antar warga agar menjadi sehati untuk bisa lebih memajukan desa di bidang apapun.


Karena Di Desa Sambonggede memiliki beberapa tempat dimana dulunya dipercaya bisa dijadikan tempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut maka sampai sekarangpun tetap di lestarikan. Tempat dimana konon menjadi petilasan seorang yang dianggap “linuwih” dimasa itu yaitu mbah mloyo rogo mloyo kusumo, mbah Kori’, mbah Kiting-Malat, dan mbah Jolendro (Mbejogo).

Yang perlu diingatkan adalah bahwa datang kesana bukan untuk meminta kepada siapapun kecuali pada Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya Dialah satu satunya Zat yang bisa memberi.